Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

January 17, 2016

CARA MUDAH MENGGANTI WARNA BACKGROUND FOTO DI PHOTOSHOP ( BAGIAN. KE #2 )

Sebagai lanjutan dari cara mudah mengganti warna background foto di Photoshop bagian ke#1, di bawah ini akan diulas cara lain atau cara kedua dari cara mengganti warna background foto, masih menggunakan software sama yakni Photoshop CS4.

Menggunakan cara kedua ini bisa dibilang lebih ribet tapi bisa dibilang lebih memuaskan, bergantung pada penggunanya atau kondisi file fotonya. Cara ini dikatakan lebih ribet karena tutorialnya memang lebih panjang, dan dan dikatakan lebih memuaskan karena foto hasil editannya akan lebih bagus dan rapi terutama kalau background asalnya terdiri dari beberapa komposisi warna.

Anda akan menemukan perbedaan nyata dari kedua cara dimaksud apabila Anda sudah mempraktekkannya. Karena tanpa praktek, terus terang penulis merasa terlalu sulit mencari kata-kata dan ungkapan pas untuk menjelaskannya.

Oleh karena itu mari kita langsung menuju cara kedua dari tutorial cara mengganti warna background di Photoshop, sebagaimana di bawah ini:

1. Buka Photoshop


2. Buka layer baru
Klik “File” > New > Tentukan ukurannya > Klik “OK”. Layer baru tampak seperti gambar di bawah. Layer kesatu inilah yang akan dijadikan file foto dengan warna background yg diinginkan. 


3.Pilih warna background baru
Klik “Edit” di tab atas > Pilih “Fill” . Tentukan warna backgroundnya. Dalam contoh tutorial ini akan menggunakan warna biru. Next > Klik “OK”


4. Buka foto asalnya
Temukan di folder penyimpanan.


5. Copy foto asalnya
Klik “Image” di tab atas > Pilih “Select” > Pilih “All” > Ke tab atas lagi > Klik “Edit” > Pilih “Copy”


6. Paste kan ke layer baru
Klik tab layer baru lalu Klik “Edit” di tab atas >  Pilih “Paste". Kemudian atur posisinya. Hasil sementara tampak seperti gambar di bawah. Foto berwarna background merah sebagai layer kedua di (cikal bakal) file ini. Layer kedua inilah yg akan diubah agar backgroundnya tampak berwarna biru.


7. Tandai background asalnya

Anda bisa menggunakan “Magic Wand Tool” lalu klik di area background berwarna tunggal. Jika background foto memiliki banyak komposisi warna, sebaiknya Anda gunakan “Polygonal Lasso Tool” demi kemudahan pada proses selanjutnya. Inilah cara yang sedikit ribet tetapi lebih memuaskan dari segi hasilnya.


8. Cut warna background asalnya

Klik “Edit” di tab ats > Pilih “Cut”. Maka foto akan berganti background baru karena background asalnya sudah hilang. Sementara background yang tampak adalah background layer baru tadi (layer pertama).



9. Simpan hasilnya

Klik “File” > Pilih “Save As” > Tentukan folder penyimpanannya > Ketikkan nama filenya > Tentukan format fotonya > Klik “Save”.


Lengkaplah sudah tutorial kedua cara mengganti warna background foto di Photoshop CS4. Selanjutnya penulis berharap tutorial ini bisa membantu Anda dan semua pembaca blog Tutorial Xtra utamanya penggemar edit foto lebih-lebih bagi pemula. Jika Anda masih punya waktu luang, sempatkan juga melihat tutorial ini versi video dengan mengklik tautan judul video: 2 Cara Mudah Mengganti Warna Background Foto Di Photoshop CS4.

Kirim Ini:

0 komentar:

TOTAL DILIHAT

ONLINE