Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

January 17, 2016

CARA MUDAH MENGGANTI WARNA BACKGROUND FOTO DI PHOTOSHOP ( BAGIAN KE #1 )

Warna background foto, utamanya pas foto sering kali dijadikan persyaratan di dalam melengkapi pemberkasan di kantor, instansi, sekolah atau juga perbankan. Entahlah apa alasan mereka mensyaratkan demikian. Tapi yang jelas, kita musti memenuhi persyaratan itu supaya urusan kita lancar, sesuai dengan harapan.

Bagi seorang editor foto tentu sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Bahkan mungkin ia sudah bisa mengganti warna background foto dengan caranya sendiri. Bisa jadi juga, ia sudah mempunyai banyak alternatif utk mengganti warna background foto sehingga mengubah backgroundnya dengan latar gambar pemandangan, dsb., sesuai pengalamannya menggunakan software Photoshop ini.

Tapi bagi pemula, urusan mengganti warna background foto tentu masih menjadi pertanyaan, bagaimana caranya? Bagaimana memulainya? Bagaimana nanti hasilnya? Dsb. Dsb. 

Jika Anda ternyata mempunyai pertanyaan-pertanyaan semacam di atas, sebaiknya Anda terus membaca tutorial ini karena siapa tahu nanti bukan hanya bisa menjawab pertanyaan-tanyaan, akan tetapi bisa melihat hasilnya. Hasil kreasi Anda sendiri.

Di bawah ini ada 2 cara mudah mengganti warna background foto, kedua-duanya menggunakan software terkenal yakni Photoshop (CS4). Jadi bagi pengguna Photoshop seri lainnya masih perlu mengadakan pengadaptasian, akan tetapi hanya sedikit saja terutama dari segi tampilan layernya.

Trus apa saja 2 cara mudahnya? Baikalah di bawah ini adalah cara pertama dari tutorial cara mengganti warna background foto di Photoshop CS4:

1. Buka Photoshop

Klik dua kali icon Photoshop di layar computer, sehingga tampak seperti gambar di bawah


2. Buka fotonya

Klik “File” > pilih “Open” > Temukan foto di folder penyimpanannya, lalu klik “Open” atau klik 2 kali.


3. Tandai warna background asalnya


Tandai background asalnya dengan menggunakan “Magic Wand Tool” lalu klik di area background. Magic Wand Tool cocok digunakan pada area background satu warna atau sedikit komposisi warna. jika warna background terdiri dari beberapa komposisi warna sebaiknya Anda mengganti “Magic Wand Tool” dengan “Polygonal Lasso Tool” atau lainnya jika Anda menghendaki.

5. Ganti warna background baru


Klik “Edit” di tab atas > pilih “Fill” > tentukan warna background penggantinya, kemudian klik “OK”

Setelah warna background diganti, Anda masih bisa mengkreasikan foto tersebut sesuai keinginan, bisa juga langsung disimpan.

6. Simpan hasilnya


Klik “File” > Save As > Tentukan folder penyimpanan > Pilih formatnya > Klik “Save”.

Proses mengganti warna background sudah selesai, hasil fotonya bisa di lihat di folder penyimpanan yang telah ditentukan tadi.

Itu tadi cara pertama mengganti warna background foto di Photoshop CS4. Jika Anda mau menggunakan cara kedua, Anda bisa meng klik tautan judul: Cara Mudah Ganti Warna Background Foto Di Photoshop ( Bag. 2 ). Anda juga bisa lihat kedua tutorial ini sekaligus dengan cara mengklik tautan judul video: 2 Cara Mudah Ganti Warna Background Foto Di Photoshop (CS4).

Kirim Ini:

0 komentar:

TOTAL DILIHAT

ONLINE