Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

January 14, 2016

CARA BIKIN NASKAH EMAIL DAN MELAMPIRKAN FILE


Sebagai lanjutan dari pada tutorial dengan judul: Cara Bikin Akun Email Di Gmail pada bebarapa hari sebelumnya, kiranya tutorial ini bisa menjadi bahan tambahan pengetahuan kita di dalam pemanfaatan fasilitas email, surat elektronik berbasis internet.

Dalam tutorial ini akan dikupas sebuah tutorial sederhana bagaimana cara membuat naskah email, menyematkan lampiran file, baik berupa berkas, foto, hingga video, lalu mengirimkannya ke alamat email tujuan. Demi kemudahan memahami atau mempraktekkan tutorial ini, akan disertakan juga gambar-gambar pendukung dari sebagian tahapan / cara.

Mengenai tahapan-tahapan caranya adalah sebagaimana tutorial di bawah ini:

1. Buka akun Email Anda di http://mail.google.com
2. Klik tombol Compose


3. Masukkan alamat email tujuan pada kolom “To”
4. Anda bisa memasukkan satu alamat saja ataupun banyak. Jika banyak, cukup dipisah dengan tanda koma ( , ).

Pada Kolom “Cc” isikan alamat-alamat email tujuan apabila Anda menginginkan semua penerima email mengetahui siapa saja penerima email dari Anda ini. Pada kolom “Bcc” diisi alamat-alamat email tujuan apabila Anda tidak menginginkan semua penerima email mengetahui siapa saja penerima email tersebut. Atau kosongkan saja kedua kolom itu untuk mengabaikan kedua pilihan dimaksud.

5. Ketikkan judul email pada kolom “Subject”
Klik “Attach File” (Google Chrome) atau “Browse” (Mozilla (Firefox) jika Anda ingin melampirkan satu file untuk disematkan bersama email. Klik “Attach More Files” untuk melampirkan beberapa file.


6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke folder penyimpanan file-file Anda.
Anda bisa melampirkan surat atau dokumen format text, pdf, jpg/jpeg, dsb. Anda juga bisa melampirkan file gambar, foto, audio, video, software, dsb. dalam satu email. Akan tetapi penyematan lampiran berlebih, akan menyebabkan lamanya proses pengiriman email apalagi kalau jaringan internet di tempat Anda kurang kuat.

7. Tandai file-file Anda lalu klik “Open”


8. Klik tombol “Done”.

9. Klik tombol “Send” jika Anda sudah siap mengirimnya atau “Save Draft” jika Anda masih ingin menjadikannya sebagai konsep. Sedangkan tombol “Discard” dipilih jika Anda ingin menghapus email tadi.


10 . Akan ada pesan “Your message has been sent.” apabila email sudah terkirim.


11.  Selesai

Ya. itu saja tutorial cara bikin naskah email dan mengirimkannya lewat Gmail yang bisa disampaikan lewat blog sederhana ini. Jika masih ada waktu, Anda bisa lihat tutorial ini versi video dengan cara meng klik tautan judul video: Cara Bikin (Naskah) Email Dan Mengirimkan Lewat Gmail.

Anda juga bisa membaca tutorial ini secara offline dengan cara meng klik tautan download pada judul: Cara Bikin Naskah Email Dan Mengirimnya Lewat Gmail.


Kirim Ini:

0 komentar:

TOTAL DILIHAT

ONLINE