Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

February 9, 2018

CARA EDIT ARTIKEL COPASAN DARI INTERNET DI MS. WORD

Mengedit artikel copas-an bereksistensi document atau text di Microsoft Word (Ms. Word) adalah sesuatu yg biasa bagi yg sudah bisa melakukannya. Tapi mengedit dokumen seperti itu akan menjadi sesuatu yg luar biasa, memusingkan kepala, bagi yg belum terbiasa melakukannya. Apalagi baru mengalaminya.

Lebih memusingkan lagi apabila dokumen tersebut diperoleh melalui copy-paste dari situs di internet. Baik dokumen itu berupa tutorial, makalah atau presentasi. Karena biasanya tulisan di internet sudah diproteksi oleh script2 khusus seperti auto linked, auto detected, auto disable edited, dsb. Hal inilah yg membuatnya berbeda dgn copy-paste (copas) document dari flashdisk ataupun kartu memori.

Penyebab dokumen susah diedit bisa jadi karena memang contentnya dilindungi oleh pemiliknya, atau karens maksud dan tujuan rahasia pribadi penulisnya, atau karna kita saja yg salah dalam proses copy-paste.

Yep. Akibatnya, dokumen format doc. atau word yg di copy paste dari situs/blog di internet jadi susah diedit. Kalaupun bisa diedit, tapi terkadang hanya bagian2 tertentu saja. Dalam artian, bisa diedit tapi tidak utuh, tidak bisa keseluruhannya. Diantara bagian yg rentan tidak bisa diedit misalnya pada warna font.

Apabila bagian ini dibiarkan tidak diedit maka hasilnya tentu tidak akan memuaskan. Karena selain tampilannya yg tidak enak dipandang, proses pengeprinannya juga akan mengalami kelambatan. Ya. proses print out akan lambat karena ada warna background pada font, teks, atau halaman tetapi samar, cederung tidak kelihatan karena berwarna abu-abu keputih-putihan.

Ciri-ciri dokumen copasan dari internet yg sulit diedit diantaranya ialah:

1. Warna text keabu-abuan (grayscale)
2. Format font ada garis bawahnya (underline)
3. Apabila diblok (highlight) dan dirubah format, tetap tidak ada perubahan (tidak ngefek)

Nah, apabila ciri-ciri tersebut ditemukan di dokumen yg ingin Anda edit tetapi Anda merasa sulit mengeditnya, Anda tidak perlu panik karena sebentar lagi Anda akan menemukan jawabannya. Yakinlah Anda akan bisa mengatasinya walaupun ini merupakan pengalaman pertama kalinya

Pertama perlu Anda ketahui adalah bahwa diantara pilihan copy-paste yg disediakan oleh software bernama Microsoft Word ini seperi yg tampak terlihat pada gambar di bawah ini:


Ada pilihan Paste saja, ada juga pilihan Paste special. Paste saja akan otomatis menyalin content copyan beserta formatnya, yaitu html. Sedgkan Paste special masih memberikan pilihan lain seperti halnya yg terlihat pada gambar di bawah ini:


Apabila memilih pilihan yg kedua maka akan menghasilkan salinan dokumen artikel yg sesuai keinginan tapi kalau memilih yg kesatu maka akan menghasilkan salinan dokumen berupa tulisan yg sulit diedit seperti yg sedang diulas dalam judul ini.

Ya, di bawah ini adalah sebuah tutorial cara edit artikel copasan dari internet di Ms. Word, diperuntukkan bagi pembaca Tutorial Xtra yg sedang mengalami kesulitan mengedit tulisan eksistensi text atau doc., sebagaimana yg disebutkan di atas.

Baiklah, utk lebih jelasnya, mari kita sama-sama ikuti tutorialnya satu demi satu:

1. Buka dokumennya

Buka dokumen yg berisikan artikel atau tulisan atau makalah tersebut di Ms. Word. Atau buka dulu Ms. Wordnya lalu buka atau Open file dokumen tersebut.

2. Arahkan cursor ke tulisan artikelnya

Arahkan cursor atau klik tepat di area tulisan artikel yg mau diedit seperti cuplikan gambar artikel di bawah ini:


3. Klik kanan

Tempatkan cursor di salah satu paragraf yg ingin diedit kemudian klik kanan. Pastikan cursor berada di salah satu kata yg ada garis bawahnya.

4. Pilih Accept Change

Pilih pilihan yg ditandai warna kuning seperti gambar tutorial nomor 2 agar dokumen bisa diedit, misalnya diganti warna, dsb.

5. Edit sesuka hati

Setelah text siap diedit, maka ciri-cirinya adalah text tampak berwarna hitam. Ini menandakan bahwa tulisan artikel di dokumen tersebut sudah bisa diedit. Maka sekaranglah saatnya Anda mengedit dokumen dgn sesuka hati, sesuai keinginan Anda.

Rupanya itu aja tutorial yg bisa penulis berikan pd judul tulisan ini. Apabila ada yg belum tercover di tutorial ini silahkan disampaikan di kolom komentar ya! Dengn demikian mudah-mudahan tutorial singkat ini semakin sempurna, mudah dipraktekkan, dan  menjadi solusi dalam mengedit artikel yg sulit diedit.

# Tutorial lannya bisa dilihat di Menu > Muatan > Daftar Isi > Label > Judul.

Baca juga: 



Kirim Ini:

0 komentar: