Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

April 30, 2016

CARA BIKIN TEKS BERTEPI DENGAN PHOTOSHOP CS4


Teks bertepi atau teks berpinggiran sering kita temukan di mana-mana. Kelihatannya lebih indah dan jelas dipandang karena tampak lebih kontras dengan background atau latar belakang teks tersebut. Karena itu teks bertepi sangat mudah dibaca sekalipun dari jarak yang seikit jauh.

Kendati demikian, teks bertepi akan tampak lebih indah, kontras dan menarik apabila komposisi warna teks dan warna pinggirannya disesuaikan dengan komposisi warna background. Seperti misalnya, apabila warna backgroundnya merah, kemudian warna teksnya juga merah, maka warna pinggirannya harus bukan merah. Bisa warna putih, kuning, hitam atau lainnya asalkan kontras dengan warna merah.

Soal penyesuaian komposisi warna background, teks dan begitu juga pinggirannya sangat bergantung kepada selera dari si pembuat. Akan tetapi suatu hal yang sangat mendasari kreasi teks bertepi yang indah tentu tidak terlepas dari pengalaman dan bakat dari si pembuatnya.

Jadi misalnya Anda memang mempunyai bakat ini akan tetapi belum banyak mempraktekkannya, yuk kita sama-sama simak tutorial ini siapa tau dapat mengangkat bakat-bakat terpendam, menambah lagi pengalaman sehingga menghasilkan kreasi teks yang indah, menarik, memukau, juga banyak diminati orang. Ya itu harapan kita semua.

Emm, sebagaimana judul di atas, kali ini penulis akan mengajak Anda membuat teks bertepi dengan menggunakan software ternama yaitu Photoshop, versinya yaitu CS4. Boleh juga Anda menggunakan versi CS lain karena dalam penerapannya tidak ada banyak perbedaan berarati.

Baiklah, langsung saja kita simak tutorial cara bikin teks bertepi di Photoshop CS4 sebagaimana ulasan berikut ini:

1. Buka Photoshop

Klik dua kali icon Photoshop dan tunggu software ini terbuka sempurna.

2. Klik Tab "File"

Tab "File" berada di tab atas pada tampilan Photoshop berbagai versi CS

3. Pilih "New"

Pilihan "New" berada di menu "File", atau melalui short cut Ctrl+N. Pada jendela berikutnya, tentukan ukuran layer dilanjutkan dengan meng klik "OK".


4. Tentukan warna background

Penentuan warna background bisa dilakukan dengan cara meng klik Tab "Edit" dilanjutkan dengan memilih "Fill" dan pemilihan warna. Bisa juga menggunakan Shift+F5 sebagai short cutnya.


5. Ketikkan teks yang Anda inginkan

Pengetikan teks didahului dengan meng klik icon "T" di sisi kiri dilanjutkan dengan mengklik area layer atau men drag mouse sehingga muncul kotak teks.

6. Klik Tab "Layer"

Tab "Layer" berada di tab atas, silahkan klik dua kali tab itu kemudian

7. Pilih "Layer Style" dan "Stroke"

Di sini Anda bisa memilih warna tepinya, menentukan tebal tipisnya, dan mengatur posisinya dan banyak lagi gaya pinggiran teks buata Anda pilih sesuai keinginan.

8. Selesai

Setelah kreasi dianggap selesai, maka simpanlah hasilnya di tempat penyimpanan atau folder khusus. Kiranya mengenai cara menyimpan file semacam ini sudah Anda ketahui dari postingan sebelum-sebe,umnya.


Ini hanya sebagai contoh gambar teks bertepi yang dibuat secara dadakan sewaktu membuat tutorial ini. Anda tentu bisa membuat teks bertepi lebih indah dari contoh ini jika Anda mencoba mempraktekkan tutorial mudah ini khususnya pada poin nomor 7 di atas.

Anda bisa membaca tutorial ini secara offline setelah Anda mendownloadnya di link download: Cara Bikin Teks Bertepi Dengan Photoshop CS4. Anda juga bisa melihat videonya melalui channel tutorial xtra di link video: Cara Bikin Teks Bertepi Dengan Photoshop CS4.

Kirim Ini:

0 komentar: