Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

August 13, 2016

CARA BIKIN DAN DESIGN TABEL DI MICROSOFT WORD


Kita akui, bahwa program Microsoft Word merupakan sebuah software kenamaan yang sering dijumpai di hampir setiap computer maupun laptop. Software ini bisa dibilang sebagai icon utama computer karena tanpa software ini computer ibarat langit tanpa bintang atau ibarat laut tanpa ikan.

Kegunaan utama dari software ini yaitu untuk mengetik apapun sesuai keinginan penggunanya. Ada berbagai jenis huruf dan symbol yang disiapkan guna merangkaikan kata-kata hingga cerita sesuai dengan bahasa yang diminatinya.

Di samping itu, Microsof Word atau biasa disingkat menjadi Ms. Word, juga menyediakan fitur pembuat tabel untuk memudahkan penggunanya menginput data agar lebih terstruktur, sistimatis dan dinamis.

Dari sinilah, penulis mengajak Anda membikin dan mendesain tabel agar semakin mudah menginput data dan lebih menarik dipandang mata.

Trus, bagaimana caranya? Yuk kita simak tutorial cara bikin dan design table di bawah ini:

1. Buka Ms. Word 

Tampilan Ms. Word seperti di bawah ini



2. Klik “Insert” 

Maksudnya klik Tab ‘Insert’ dilanjutkan input jumlah kolom dan baris tabel, sebagaimana gambar berikut ini.




3. Tentukan jumlah kolom dan baris

Kolom dan baris bisa dibikin dengan hanya menyorot opsi kolom dan baris yang disediakan sesuai jumlah yang diinginkan lalu meng-klik-nya. Kolom dan baris juga bisa ditentukan dengan menginputkan nomor sesuai jumlah kolom dan baris yg diinginkan, pada dialog di balik ‘Insert Table’. Silahkan perhatian gambar.


4. Masukkan data yang diinginkan 

Ya, sekarang saatnya menginput data ke tabel yang sedang digarap, seperti halnya gambar ini.


5. Design Garis Kolom dan Baris 

Untuk men-designnya, blok dulu tabelnya lalu klik Tab ‘Design’ dan pilihlah jenis garis yang diinginkan. Pilih juga ketebalannya sesuai keinginan. Gunakan mouse seperti halnya menggunakan pensil untuk menebalkan garis yang diinginkan mulai dari ujung kiri ke kanan atau dari ujung atas ke ujung bawah. Perhatikanlah gambar di bawah ini. 



6. Selesai 

Sampai saat ini, tabel sudah terlihat lebih menarik karena memiliki garis tebal pada pembatas kolom dan baris tertentu sehingga table terkesan lebih dinamis, data pun semakin mudah dibaca. Silahkan lihat hasilnya sebagaimana gambar di bawah ini.




Design table seperti di atas masih bisa di-desain lagi dengan desain lain, baik otomatis maupun manual sehingga lebih menarik lagi, akan tetapi mengenai ini kemungkinan akan dibahas pada judul selanjutnya.

Anda bisa membaca tulisan ini secara offline setelah Anda mendownloadnya terlebih dahulu pada link download: Cara Bikin dan Design Tabel di Microsof Word. Anda juga bisa menonoton videonya di Youtube pada link video: Cara Bikin dan Design Tabel di Microsoft Word.

Kirim Ini:

0 komentar: