Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

February 22, 2016

CARA MENGGANTI PASSWORD EMAIL DI GMAIL


Anda sering lupa password atau kata sandi email? Anda ingin menggantinya dengan yang lebih mudah diingat? Kalau begitu, siapkan password baru Anda untuk menggantikan password lama yang sulit diingat itu.

Mengganti atau mengubah password email di Gmail tidak sesulit mengingat password yang terlupakan. Mengganti atau mengubah password email di Gmail juga tidak memerlukan waktu sampai berjam-jam. Berdasarkan uji coba penulis sewaktu membuat video tutorial ini, untuk mengganti password email tidak sampai 5 menit. Bahkan bisa lebih cepat dari itu apabila jaringan internet lagi prima.

Oleh karena itu dari pada terjadi lagi lupa password nanti, lebih baik sekarang menggantinya dengan password baru dan mudah diingat. Sudah siap dengan password baru? Baiklah, kalau begitu yuk kita baca terus tutorial ini karena di bawah nanti akan diulas bagaimana caranya mengganti / merubah password lama ke password baru.

Agar tidak bertele-tele dan ngalor-ngidul kesana-kemari, langsung saja kita simak tutorial cara mengganti password email di gmail, seperti terpapar di bawah ini.

1. Buka akun email dengan password lama (opsional).
Password lama diminta kalau Anda masuk ke akun menggunakan browser berbeda, operasi sistem berbeda, atau setelah keluar akun dan menggunakan akun lain, dsb. dsb.

2. Tunggu loading hingga selesai (opsional).
Dalam keadaan kondusif, akun email akan menampilkan laman inbox tanpa harus memasukkan password ataupun loading.

3. Klik tanda “Roda” dilanjutkan dengan memilih “Setting”.

4. Pilih “Account and Import” dilanjutkan dengan memilih “Change Password”.
Setelah ini, Anda akan diarahkan ke halaman depan Gmail sebagaimana baru masuk ke akun Gmail.


5. Masukkan password lama dilanjutkan dengan mengkilk “Sign In”.
Pada tahapan ini, password lama harus diketikkan di kolom tersedia. Rupanya server Gmail ingin memverifikasi bahwa Anda memang pemilik akun tersebut sekaligus memastikan bahwa Anda memang betul-betul ingin merubah password dengan yang baru.

6. Masukkan password baru.
Password baru diketikkan sebanyak dua kali pada kolom tersedia. Password akan terlihat sebagai tanda bintang atau sebagaimana karakter aslinya bergantung pilihan pengguna. Pilihan ini bisa dirubah dengan cara mengklik tanda “mata” di samping kolom password.


7. Klik “Change Password”


8. selesai.

Jika menghendaki, Anda bisa melanjutkan ke proses keamanan akun. Proses ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan akun secara berlapis. Apabila diaktifkan, maka untuk masuk ke akun gmail bukan hanya memasukkan password tetapi harus menyertakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan lainnya sesuai settingan keamanan akun.

Meningkatkan keamanan atau tidak, password baru tetap aktif. Untuk memastikannya, silahkan Anda masuk lagi ke http://mail.google.com menggunakan tab baru pada browser saat ini atau browser lainnya.

Kiranya itu saja tutorial cara mengganti password email di Gmail dari Tutorial Xtra. Moga aja tutorial sederhana ini bisa bermanfaat besar dalam rangka meningkatkan kualitas komunikasi kita khususnya yang berbasis internet.

Anda juga bisa mendalami tutorial ini lewat video dengan cara mengklik tautan video tutorial: Cara Mengganti Password Email Di Gmail. Anda juga bisa membaca tutorial ini secara offline dengan cara mendownload terlebih dahulu pada tautan download: Cara Mengganti Password Email Di Gmail. Link ditautkan pada judu, silahkan klik tepat di judulnya.

Kirim Ini:

0 komentar: