Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

February 16, 2016

CARA BIKIN TEKS BERBAYANG DI PHOTOSHOP CS4



Teks berbayang atau teks memiliki bayangan sudah akrab kita lihat, baik di dalam kehidupan nyata maupun virtual. Di dalam kehidupan nyata teks berbayang sering kita jumpai di kemasan produk, majalah, surat kabar, banner, brosur, pamflet dan lain sebagainya. Sementara di dunia virtual sering kita jumpai terlihat di banner iklan, video, gambar, foto, dsb. dsb.

Teks berbayang memang asik dipandang karena terlihat lebih menarik dan menonjol dari pada teks polos tanpa dekorasi apapun jua. Oleh karena itu teks berbayang sering dijadikan judul dari sebuah paragraf atau tema dari suatu pesan. Tujuannnya yaitu agar lebih menarik perhatian si pembacanya.

Untuk membuat teks berbayang berupa fisik bisa dikerjakan secara manual menggunakan pensil atau alat tulis lain seperti spidol, marker atau bahkan cat sekalipun cat kayu dan besi. Bisa juga dibuat oleh software tertentu kemudian dicetak menggunakan printer biasa maupun berdimensi.

Akan tetapi membuat teks berbayang secara virtual hanya bisa dibuat oleh software atau aplikasi tertentu dan tidak memerlukan alat-alat tulis seperti disebut di atas. Ya, yang diperlukan hanyalah perangkat computer dan software pendukungnya. Bisa PC, laptop, tablet, mobile, ataupun gadget lainnya.

Sesuai dengan judul, kali ini penulis akan mengajak Anda membuat teks berbayang secara virtual menggunakan software ternama, bernama Photoshop, versinya yaitu CS4. Boleh juga Anda menggunakan versi CS lain karena dalam penerapannya tidak ada banyak perbedaan berarati.

Baiklah, langsung saja kita simak tutorial cara bikin teks berbayang di Photoshop CS4 sebagaimana berikut:

1. Buka Photoshop.

Klik icon Photoshop di layar computer

2. Bikin layer baru.

Layer baru/proyek baru dibuat sebagai lokasi penempatan teks. Klik tab “File” kemudian pilih “New” lalu tentukan ukurannya, lebar dan tingginya.


3. Ketikkan teks.

Setelah layer baru terbuka, sekarang tinggal mengetikkan teks/tulisan sesuai keinginan, menentukan font, ukuran, dan warna juga sesuai keinginan. Klik icon “T” atau text kemudian gunakan tool-tool pemformatan teks secara maksimal di tab atas.


4. Beri bayangan.

Bayangan teks bisa diatur sedemikian rupa, baik dari segi warnanya, lebarnya, jaraknya, maupun sudutnya. Caranya tinggal klik tab ”Layer” kemudian pilih “Layer Style” kemudian “Drop Shadow”.

Di sinilah tempatnya mencurahkan imajinasi agar menghasilkan kreasi bagus seperti keinginan. Mudah-mudahan saja usaha yang maksimal bisa menghasilkan kreasi yang optimal.


5. Simpan.

Setelah semua keinginan tersalurkan, kini saatnya menyimpan hasilnya sebagai file agar bisa dinikmati di waktu lain. Caranya yaitu klik tab “File” kemudian pilih “Save As” dan memilih folder tempat penyimpanan file berupa teks berbayang tersebut. File bisa disimpan ke dalam format JPG, PNG, GIF atau lainnya. File bisa juga disimpan ke dalam format PSD jika masih ingin diedit lagi nantinya.


6. Selesai.

Di atas itu hanya sekedar contoh dari teks berbayang, dibuat secara spontan dan hanya memanfaatkan sedikit saja dari tool text dan opsional layer style. Selanjutnya Anda bisa mengkreasikan ide-ide Anda sesuai keinginan agar mendapatkan teks berbayang yang diharapkan.

Anda juga bisa melihat tutorial ini versi video dengan cara mengkilik tautan video: Cara Bikin Teks Berbayang Di Photoshop CS4. Anda juga bisa membaca tutorial ini secara offline dengan cara mendownload tautan download: Cara Bikin Teks Berbayang Di Photoshop CS4. Tautan link tertanam pada judul, silahkan klik di judulnya.

Kirim Ini:

0 komentar: