Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

January 23, 2017

CARA BIKIN NOMOR URUT OTOMATIS DI Ms. WORD

Inilah tutorial cara bikin nomor urut otomatis di Microsoft Word. Xtra Video!

Nomor urut seringkali diperlukan di saat kita mengetik data dalam tabel karena di antara manfaatnya yaitu untuk mengetahui berapa jumlah rincian data dalam baris atau kolom tabel dan mempermudah pembaca data memahami isi data.

Nomor urut ini bisa dibikin satu persatu dengan cara mengetikkan angka pada setiap baris atau kolom tabel, bisa dengan cara mengcopy-paste dari nomor urut yang sudah ada di tabel lainnya dan bisa juga dibikin otomatis dengan tanpa mengetikkan angka pada setiap baris atau kolom tabel data. Dan pilihan ketiga inilah yang akan diulas pada tutorial kali ini.

Selain dari itu, penomoran otomatis di Microsoft Word ini juga memberikan pilihan apakah kita akan memakai nomor angka, latin atau romawi maupun huruf. Dengan ini kita bisa lebih leluasa memilihnya sesuai keinginan dan kebutuhan.

So, jika Anda ingin membuat nomor urut otomatis dan kebetulan masih belum mengetahui caranya, yuk kita simak tutorial dengan judul Cara Bikin Nomor Urut Otomatis Di Microsoft Word ini bersama-sama.

1. Buka Ms. Word

Dalam tutorial ini penulis menggunakan Microsoft Word 2010 sehingga tampilannya bisa jadi ada sedikit berbeda dengan Ms. Word yang Anda pakai. Tapi mengenai perbedaan tampilan tidak akan mengurangi fungsi dari penomoran otomatis ini.


2. Insert Tabel

Mengenai cara menginsert tabel juga dituliskan di tutorial Cara Bikin Dan Design Tabel di Ms.Word, akan tetapi di sini ditunjukkan dengan gambar, bahwa menginsert tabel dapat dilakukan dengan hanya menyorot tabel sesuai jumlah kolom dan baris yang diinginkan.


3. Block Area Tabel

Sebelum menginput nomor urut otomatis harus didahului dengan memblock area kolom (ke kanan) atau baris (ke bawah) dengan cara menyorot dengan mouse ke area kolom atau baris tabel yang akan diinputkan nomor atau dengan menekan tombol ‘Sift’dan Tanda Panah.


4. Pilih Nomor Otomatis

Sekarang saatnya menginput nomor otomatis dengan cara klik jenis nomor yang diinginkan, apakah angka latin, romawi atau huruf. Disini juga ada pilihan alignment/pensejajaran kiri, tengah atau kanan. Pilihan ada di tangan Anda. Letak pilihan ini ada di tab ‘Home’ – Numbering Library seperti gambar di bawah ini.



5. Inputkan Data

Setelah ada nomor urut, maka pengetikan dilanjutkan dengan menginput data yang diinginkan. Di bawah ini adalah contoh gambar tabel dengan nomor kolom dan baris otomatis di Ms. Word.


6. Simpan Data

Setelah tabel selesai dibikin maka sekarang tinggal menyimpannya sebagai data atau dokumen. Tempat penyimpanan bisa di mana saja tergantung kebiasaan Anda menyimpan dokumen agar nantinya mudah ditemukan bilamana diperlukan lagi.


Kiranya ini saja yang dapat dituliskan dalam tutorial Cara Bikin Nomor Urut Otomatis Di Ms. Word ini, mudah-mudahan mudah dipahami dan mudah dipraktekkan. Selanjutnya, Anda bisa melihat tutorial ini versi video dengan cara mengklik judul: Video Cara Bikin Nomor Urut Otomatis Di Ms. Word melalui Youtube. Judul sudah mengandung link ke Youtube.

Baca juga:

Kirim Ini:

1 komentar:

Garing said...

Haiii….. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Seiring perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini, informasi apapun dapat dengan mudah didapatkan di internet. Cara pembuatan penomoran di tabel ini sangat dibutuhkan untuk daftar hadir pelaksanaan kegiatan-kegiatan sehingga pengerjaan tabel ini akan lebih mudah dan menghemat waktu. Jangan lupa kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id

TOTAL DILIHAT

ONLINE