Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

February 6, 2016

CARA BIKIN AKUN EMAIL LEWAT HP (HAND PHONE)


Sebagai lanjutan dari judul sebelumnya mengenai Cara Bikin Akun Email Di Gmail, di sini penulis akan mengulas tentang tutorial cara bikin akun email lewat HP Android atau hand phone, masih menggunakan server yang sama yaitu Gmail.

Pada hakikatnya cara bikin email baik lewat computer, laptop, hp ataupun bb tidak ada perbedaan. Ya, sejauh ini penulis belum menemukan perbedaan yang signifikan mengenaicara membuatnya. Dengan kata lain, caranya sama saja. Jadi kalau kita bisa membuat akun email di computer sudah tentu kita bisa juga membuatnya lewat laptop, hp ataupun bb.

Tapi kenapa koq ada yang bilang bahwa bikin email melalui hp itu tidak bisa, sulit, ribet, dsb.? Memang, untuk membuat akun email lewat hp itu tidak bisa kalau GPRS nya belum diaktifkan, sulit kalau belum pernah mencobanya, dan ribet kalau belum melengkapi bahan-bahannya.

Oleh karena itu jika Anda ingin mencoba bikin email lewat HP atau Android, yuk kita sama-sama ikuti tutorial cara bikin akun email lewat HP ini selangkah demi selangkah.

1- Aktifkan GPRS.
Ini menjadi syarat mutlak agar kita bisa mengakses internet termasuk ber-email-email-an lewat hp. Mengaktifkan GPRS yang paling mudah yaitu dengan cara menelepon operator seluler sesuai kartu SIM. Biaya aktifasi GPRS ini gratis, Anda hanya perlu menyiapkan pulsa sekitar Rp.500,= rupiah agar bisa berbicara langsung dengan operator.

2- Instal browser
Browser untuk HP berbeda-beda baik nama, versi, ataupun fiturnya. Kita bisa memilih browser mana pun selama bisa diinstal dan work atau berjalan di HP kita. Bisa Operamini, UC, Chrome, atau lainnya. Bisa juga memanfaatkan browser yang memang disediakan vendor atau pabrik pembuat hand phone tersebut. Selanjutnya kita pilih browser terbaik menurut kita.

3- Buka browser
Setelah kita mengaktifkan GPRS dan memasang browser, kita tinggal membukanya. Setelah browser terbuka, kini saatnya kita bikin akun email lewat HP.

4- Ikuti tutorialnya

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa tutorial ini sama dengan tutorial bikin email di Gmail lewat computer atau laptop, akan tetapi biar kita tetap fokus terhadap ulasan ini, berikut tutorial selengkapnya:

1. Buka alamat situs gmail di: http://mail.google.com
2. Pilih tab “ Create an Account “ ( Buat Akun )
3. Isi Formulir Pendaftaran dengan data akurat, meliputi:

- Nama depan dan nama belakang
- Alamat email yang Anda inginkan (akan ada laporan ketersedian sekaligus anjuran otomatis dari Gmail, karena tidak boleh ada alamat email sama di Gmail)
- Password atau kata sandi yang Anda inginkan (minimal terdiri dari 8 huruf atau angka atau perpaduan keduanya. Kemudian ulang (ketikkan lagi) pada kotak konfirmasi password di bawahnya)
- Tahun, bulan, juga tanggal lahir
- Jenis Kelamin
- Nomor Hand Phone aktif (untuk menerima kode verifikasi akun, juga untuk pengamanan akun nantinya)
- Alamat email alternatif (jika ada). Jika tidak ada, biarkan kosong
- Kode kata Chapta (untuk membuktikan bahwa kita bukan robot/mesin otomatis)
- Lokasi Negara
- Beri tanda centang atau klik Persetujuan pada Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi Google.

4. Pilih Next / Langkah berikutnya
5. Verifikasi akun email (jika diminta)
6. Ketikkan kode verifikasi (jika diminta, kode ini akan dikirim melalui SMS ke nomor HP tadi)
7. Edit Profil Akun (jika ingin menambahkan foto dan data lain. Jika tidak, maka langsung klik Next / Langkah berikutnya)

8. Akan ada penyambutan Selamat Datang / Welcome. 
9. Klik Link Tombol “Lanjutkan ke Gmail”
10. Pilih “Lanjutkan ke Gmail” ( untuk masuk ke akun email baru )
11. Selesai

Selanjutnya Anda bisa berkirim email lewat HP, bisa terima dan kirim email. Berhubung email tidak selalu berupa teks, maka di saat ada email berlampiran  tidak didukung HP atau ada file besar maka Anda harus membuka akun email Anda lewat computer atau laptop menggunakan alamat email dan password Anda di atas.

Kiranya itu saja tutorial cara bikin email lewat HP, gampang tapi memang masih memerlukan sedikit kesabaran. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang diberi kesabaran. Amin Ya Robbal Alamin.

Agar Anda bisa membaca tutorial ini secara offline, silahkan download tutorial ini dengan cara mengklik tautan download pada judul: Cara Bikin Akun Email Lewat HP / Hand Phone.

Atau Anda ingin menonton video Cara Bikin Akun Email Dalam 3,5 Menit? Silahkan di klik link Youtube : Cara Bikin Akun Email Dengan Mudah dan Cepat ini. Link tertanam di judul.


Kirim Ini:

0 komentar: