Inilah ulasan tentang cara memanfaatkan Fanpage Facebook untuk usaha atau bisnis. Marilah kita ikuti cara dan tutorialnya sebagaimana diuraikan di bawah ini.
Selama ini, kemungkinan besar dari kita sudah mempunyai akun Facebook. Setiap saat setiap waktu, akun tersebut di update dg status baru. Baik tentang kegiatan sehari2 maupun urusan lain yg beraneka ragam.
Tujuan meng update status juga bermacam2. Dari yg hanya sekedar iseng saja sampai yg sifatnya rahasia, masalah intern keluarga. Dari soalan perasaan pribadi sampai urusan pekerjaan dan usaha.
Tapi, tidakkah kita pernah berpikir; Siapa saja yg melihat - membaca status kita? Siapakah yg betul2 menyukai status kita karena tulus (bukan imbal-balik)?
Mengingat akan hal ini maka penulis memberikan sedikit pengenalan tentang Fanpage yg disediakan secara gratis oleh Facebook, baik di aplikasi dən softwarenya maupun di situs web dən mobile nya utk dijadikan bahan pertimbangan kedepannya. Inilah harapan penulis.
Apa itu Fanspage?
Fanspage maksudnya ialah fitur yg disediakan oleh Facebook utk para penggunanya agar dimanfaatkan sebagai “halaman” seumpama blog atau komunitas seumpama "situs" di internet yg kemungkinan besarnya hanya dikunjungi oleh sekelompok penggemar yg memiliki ketertarikan sama terhadap suatu kegemaran, tema, minat, hobi, tokoh, acara, usaha, bisnis, dll.
Dengan kata lain, Fanspage Facebook bisa digunakan sebagai penunjang atau bahkan ladang usaha kita di internet. Di dalam Fanspage tersebut kita bisa memajang gambar produk, review produk, unggah video produk, hingga penjualan produk secara online sesuai jenis usaha kita.
Apa kegunaan Fanspage?
Fanspage ini nantinya akan menjadi halaman resmi usaha kita di Facebook, secara online. Singkatnya, Fanspage adalah “toko” kita di facebook. Follower kita bisa berinteraksi disini. Dari tawar- menawar harga sampai transaksi jual belinya..
Adapun mengenai pembayaran, pengiriman atau delivery bisa diatur kemudian, antara penjual (kita) dən pembeli, melalui fitur inbox atau koment.
Apa keuntungan Fanspage?
Berikut ini merupakan keuntungan memiliki Fanspage di Facebook;
1. Memisahkan antara akun Facebook pribadi dən bisnis.
Fanpage memudahkan penjual (seller) utk memisahkan antara konten yg berkenaan dgn urusan pribadinya dən konten usaha bisnisnya.
2. Bisa memiliki jumlah fans yg tak dibatasi.
Beda halnya dgn akun Facebook pribadi / personal. Dimana satu akun Facebook personal dibatasi limit maksimal sebanyak 5.000 orang teman. Tetapi bila kita sudah membuat Fanspage, kita bisa mengumpulkan follower sebanyak-banyaknya, tanpa adanya pembatasan. Sebagai pebisnis, Anda tentu memahami hal ini.
3. Bisa di indeks oleh Search Engine.
Fanpage Facebook sudah terdaftar di search engine, spt Google, Yahoo, dsb. Oleh karena itu, nama usaha atau merek produk yg memiliki Fanpage akan lebih mudah ditemukan dalam search engine ketika seseorang mengadakan penelusuran kata kunci.
4. Memberi kesan profesional.
Penjual yg memiliki Fanpage akan serta merta memberikan kesan profesional terhadap follower daripada Penjual yg hanya menggunakan akun pribadinya utk usaha bisnis.
5. Status akan tampil di newsfeed milik follower.
Posting status yg di update oleh Penjual melalui Fanpage akan tampil di newsfeed (home) follower. Asalkan follower mau memberi LIKE sebuah Fanpage satu kali saja, maka ia akan menerima update setiap posting dikirim oleh Penjual melalui Fanpage nya.
Bagaimana cara membuat Fanpage?
Berikut ini adalah tutorial membuat Fanpage di Facebook:
1. Masuklah ke akun Facebook
Anda masuk saja ke akun Facebook Anda, lalu klik " Menu " atau tanda baris tiga di pojok kanan atas.
Atai buka URL ini di browser: https://www.facebook.com/pages/
2. Buatlah Fanpage atau Halaman
Klik tombol atau link " Buat Halaman " kemudian klik " Mulai ".
3. Mulai input data
Input data diawali dgn Mengisi nama halaman. Isi form ini sesuai nama atau merek produk usaha Anda. Kemudian klik " Selanjutnya ".
4. Pilihlah kategori Fanpage
Di laman ini akan diberikan 6 pilihan kategori Fanpage. Diantaranya yaitu Merek&Produk Atau silakan dipilih sesuai keinginan.
Kemudian klik Sub kategori yg paling tepat.
5. Unggahlah foto
Tambahkan foto profil atau logo usaha Anda di tahapan ini sebagai foto profil dən foto sampul halaman. Atau apabila Anda belum siap, maka lewati saja dulu, karena ini merupakan opsional.
Disarankan memasang foto profil ukuran 180 X 180 pixel, dan foto sampul ukuran 851 X 315 pixel. dgn kualitas gambar bagus.
6. Masukkan alamat
Masukkan alamat jalan sampai nama negara sekarang juga. Pada form ini juga diminta kode pos dən nomor telepon atau HP.
7. Kunjungi halaman
Proses pembuatan Fanpage atau Halaman sudah selesai dən sudah bisa dikunjungi.
Tampilan awal pada saat Fanpage Anda baru dibuat tentu terlihat sapi. Maka langkah Anda selanjutnya yaitu membuat postingan, meng upload gambar produk, mengundang teman, dsb.
Di halaman awal Anda disarankan dapat membuat postingan menggunakan kata2 dən gambar2 yg menarik perhatian agar pengunjung Fanpage Anda nge LIKE halaman Anda trus mengundang temannya ikut nge LIKE juga. Itulah harapan kita semua.
Itulah tutorial cara membuat Fanpage di Facebook khususnya di bidang usaha atau bisnis online. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.