Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

March 11, 2018

CARA SETTING WhatsApp AGAR HEMAT DATA INTERNET


WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yg menawarkan kesempurnaan sekaligus kesederhanaan dalam hal perpesanan. Salah satu kesempurnaannya adalah pesan suara dan salah satu kesederhanaannya yaitu hemat kuota data internet.

Ya. aplikasi yg mulai mencuat pada tahun 2010 ini mengklaim lebih hemat data internet krn terintegrasi dengan sistem, tidak perlu login setelah logout, bekerja walaupun di jaringan EDGE, sehingga pemakaian data semakin irit dan kuota data internet tidak cepat habis. 

Aplikasi ini juga bisa ditutup/dinonaktifkan dan bisa aktif otomatis apabila ada pesan masuk, sehingga dapat menghemat daya baterai.

Selain dari itu, rupanya pihak pengembang aplikasi ini sangat memperhatikan kondisi keuangan penggunanya terutama dari kalangan menengah ke bawah yg kesulitan membeli pulsa data. Sehingga disediakanlah fitur setting 'penghemat data', disamping trik personal, dimana ulasannya akan dituliskan di dalam tutorial nanti.

Baiklah, sekarang yuk kita langsung saja menuju ke tutorial setting WA agar hemat data seperti apa yg telah dibicarakan di atas.

1. Buka Aplikasi WA

Aplikasi WA akan terbuka dan bekerja optimal apabila ada jaringan internet, paling tidak 3G. Di bawah jaringan itu aplikasi WA hanya sekedar terbuka tapi koneksi putus2.

2. Setting hemat data

Pemakaian data bisa dihemat sedemikian rupa pada fitur setting atau pengaturan. Settingannya seperti urutan gambar di bawah:











3. Atur setting download media otomatis sedemikian rupa

Fungsi pengaturan download media otomatis seperti gambar di atas sebenarnya agar memudahkan media, spt foto, audio, video, dokumen, dsb bisa didownload otomatis walaupun WA tidak sedang aktif/offline.

Akan tetapi perlu dipertimbangkan bahwa file kapasitas besar akan memerlukan data internet yg besar juga. Apabila kuota data sudah habis maka otomatis biaya download media tersebut diambilkan dari pulsa reguler.

Maka dari itu setting pengaturan download media otomatis penting utk dikondisikan sesuai keadaan agar data internet jadi hemat dan pemakaian pulsa tidak boros. Selanjutnya, mengenai setting/pengaturan ini tergantung pilihan pribadi masing2, seperti halnya pilihan penulis yg dicentang dan tampak terlihat pada gambar di atas.

4. Hindari unggahan file ukuran besar (opsional)

File ukuran besar dapat diketahui dari detail atau rinciannya. Apabila file besar ini diunggah, baik sebagai foto profil atau status atau lampiran chat tentunya memerlukan data yg besar juga.

5. Hindari unduhan file ukuran besar (opsional)

File ukuran besar dapat diketahui dari detail atau rinciannya atau panjang durasinya. Apabila file besar ini diunduh, baik utk disimpan atau dikirim ulang tentunya memerlukan data yg besar juga. Oleh sebab itu pikir2lah sebelum mengunduh/download file terutama video dan audio, lebih2 apabila ketersedian paket data internet kurang memadai.

Kiranya ini saja tutorial tentang cara setting WhatsApp agar hemat data internet dari penulis utk pembaca Tutorial Xtra semuanya. Trimakasih dan mudah2an ada manfaatnya.

Kirim Ini:

0 komentar: