Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

March 11, 2018

CARA SETTING WhatsApp AGAR HEMAT DATA INTERNET


WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yg menawarkan kesempurnaan sekaligus kesederhanaan dalam hal perpesanan. Salah satu kesempurnaannya adalah pesan suara dan salah satu kesederhanaannya yaitu hemat kuota data internet.

Ya. aplikasi yg mulai mencuat pada tahun 2010 ini mengklaim lebih hemat data internet krn terintegrasi dengan sistem, tidak perlu login setelah logout, bekerja walaupun di jaringan EDGE, sehingga pemakaian data semakin irit dan kuota data internet tidak cepat habis. 

Aplikasi ini juga bisa ditutup/dinonaktifkan dan bisa aktif otomatis apabila ada pesan masuk, sehingga dapat menghemat daya baterai.

Selain dari itu, rupanya pihak pengembang aplikasi ini sangat memperhatikan kondisi keuangan penggunanya terutama dari kalangan menengah ke bawah yg kesulitan membeli pulsa data. Sehingga disediakanlah fitur setting 'penghemat data', disamping trik personal, dimana ulasannya akan dituliskan di dalam tutorial nanti.

Baiklah, sekarang yuk kita langsung saja menuju ke tutorial setting WA agar hemat data seperti apa yg telah dibicarakan di atas.

1. Buka Aplikasi WA

Aplikasi WA akan terbuka dan bekerja optimal apabila ada jaringan internet, paling tidak 3G. Di bawah jaringan itu aplikasi WA hanya sekedar terbuka tapi koneksi putus2.

2. Setting hemat data

Pemakaian data bisa dihemat sedemikian rupa pada fitur setting atau pengaturan. Settingannya seperti urutan gambar di bawah:











3. Atur setting download media otomatis sedemikian rupa

Fungsi pengaturan download media otomatis seperti gambar di atas sebenarnya agar memudahkan media, spt foto, audio, video, dokumen, dsb bisa didownload otomatis walaupun WA tidak sedang aktif/offline.

Akan tetapi perlu dipertimbangkan bahwa file kapasitas besar akan memerlukan data internet yg besar juga. Apabila kuota data sudah habis maka otomatis biaya download media tersebut diambilkan dari pulsa reguler.

Maka dari itu setting pengaturan download media otomatis penting utk dikondisikan sesuai keadaan agar data internet jadi hemat dan pemakaian pulsa tidak boros. Selanjutnya, mengenai setting/pengaturan ini tergantung pilihan pribadi masing2, seperti halnya pilihan penulis yg dicentang dan tampak terlihat pada gambar di atas.

4. Hindari unggahan file ukuran besar (opsional)

File ukuran besar dapat diketahui dari detail atau rinciannya. Apabila file besar ini diunggah, baik sebagai foto profil atau status atau lampiran chat tentunya memerlukan data yg besar juga.

5. Hindari unduhan file ukuran besar (opsional)

File ukuran besar dapat diketahui dari detail atau rinciannya atau panjang durasinya. Apabila file besar ini diunduh, baik utk disimpan atau dikirim ulang tentunya memerlukan data yg besar juga. Oleh sebab itu pikir2lah sebelum mengunduh/download file terutama video dan audio, lebih2 apabila ketersedian paket data internet kurang memadai.

Kiranya ini saja tutorial tentang cara setting WhatsApp agar hemat data internet dari penulis utk pembaca Tutorial Xtra semuanya. Trimakasih dan mudah2an ada manfaatnya.

Kirim Ini:

February 9, 2018

CARA EDIT ARTIKEL COPASAN DARI INTERNET DI MS. WORD

Mengedit artikel copas-an bereksistensi document atau text di Microsoft Word (Ms. Word) adalah sesuatu yg biasa bagi yg sudah bisa melakukannya. Tapi mengedit dokumen seperti itu akan menjadi sesuatu yg luar biasa, memusingkan kepala, bagi yg belum terbiasa melakukannya. Apalagi baru mengalaminya.

Lebih memusingkan lagi apabila dokumen tersebut diperoleh melalui copy-paste dari situs di internet. Baik dokumen itu berupa tutorial, makalah atau presentasi. Karena biasanya tulisan di internet sudah diproteksi oleh script2 khusus seperti auto linked, auto detected, auto disable edited, dsb. Hal inilah yg membuatnya berbeda dgn copy-paste (copas) document dari flashdisk ataupun kartu memori.

Penyebab dokumen susah diedit bisa jadi karena memang contentnya dilindungi oleh pemiliknya, atau karens maksud dan tujuan rahasia pribadi penulisnya, atau karna kita saja yg salah dalam proses copy-paste.

Yep. Akibatnya, dokumen format doc. atau word yg di copy paste dari situs/blog di internet jadi susah diedit. Kalaupun bisa diedit, tapi terkadang hanya bagian2 tertentu saja. Dalam artian, bisa diedit tapi tidak utuh, tidak bisa keseluruhannya. Diantara bagian yg rentan tidak bisa diedit misalnya pada warna font.

Apabila bagian ini dibiarkan tidak diedit maka hasilnya tentu tidak akan memuaskan. Karena selain tampilannya yg tidak enak dipandang, proses pengeprinannya juga akan mengalami kelambatan. Ya. proses print out akan lambat karena ada warna background pada font, teks, atau halaman tetapi samar, cederung tidak kelihatan karena berwarna abu-abu keputih-putihan.

Ciri-ciri dokumen copasan dari internet yg sulit diedit diantaranya ialah:

1. Warna text keabu-abuan (grayscale)
2. Format font ada garis bawahnya (underline)
3. Apabila diblok (highlight) dan dirubah format, tetap tidak ada perubahan (tidak ngefek)

Nah, apabila ciri-ciri tersebut ditemukan di dokumen yg ingin Anda edit tetapi Anda merasa sulit mengeditnya, Anda tidak perlu panik karena sebentar lagi Anda akan menemukan jawabannya. Yakinlah Anda akan bisa mengatasinya walaupun ini merupakan pengalaman pertama kalinya

Pertama perlu Anda ketahui adalah bahwa diantara pilihan copy-paste yg disediakan oleh software bernama Microsoft Word ini seperi yg tampak terlihat pada gambar di bawah ini:


Ada pilihan Paste saja, ada juga pilihan Paste special. Paste saja akan otomatis menyalin content copyan beserta formatnya, yaitu html. Sedgkan Paste special masih memberikan pilihan lain seperti halnya yg terlihat pada gambar di bawah ini:


Apabila memilih pilihan yg kedua maka akan menghasilkan salinan dokumen artikel yg sesuai keinginan tapi kalau memilih yg kesatu maka akan menghasilkan salinan dokumen berupa tulisan yg sulit diedit seperti yg sedang diulas dalam judul ini.

Ya, di bawah ini adalah sebuah tutorial cara edit artikel copasan dari internet di Ms. Word, diperuntukkan bagi pembaca Tutorial Xtra yg sedang mengalami kesulitan mengedit tulisan eksistensi text atau doc., sebagaimana yg disebutkan di atas.

Baiklah, utk lebih jelasnya, mari kita sama-sama ikuti tutorialnya satu demi satu:

1. Buka dokumennya

Buka dokumen yg berisikan artikel atau tulisan atau makalah tersebut di Ms. Word. Atau buka dulu Ms. Wordnya lalu buka atau Open file dokumen tersebut.

2. Arahkan cursor ke tulisan artikelnya

Arahkan cursor atau klik tepat di area tulisan artikel yg mau diedit seperti cuplikan gambar artikel di bawah ini:


3. Klik kanan

Tempatkan cursor di salah satu paragraf yg ingin diedit kemudian klik kanan. Pastikan cursor berada di salah satu kata yg ada garis bawahnya.

4. Pilih Accept Change

Pilih pilihan yg ditandai warna kuning seperti gambar tutorial nomor 2 agar dokumen bisa diedit, misalnya diganti warna, dsb.

5. Edit sesuka hati

Setelah text siap diedit, maka ciri-cirinya adalah text tampak berwarna hitam. Ini menandakan bahwa tulisan artikel di dokumen tersebut sudah bisa diedit. Maka sekaranglah saatnya Anda mengedit dokumen dgn sesuka hati, sesuai keinginan Anda.

Rupanya itu aja tutorial yg bisa penulis berikan pd judul tulisan ini. Apabila ada yg belum tercover di tutorial ini silahkan disampaikan di kolom komentar ya! Dengn demikian mudah-mudahan tutorial singkat ini semakin sempurna, mudah dipraktekkan, dan  menjadi solusi dalam mengedit artikel yg sulit diedit.

# Tutorial lannya bisa dilihat di Menu > Muatan > Daftar Isi > Label > Judul.

Baca juga: 



Kirim Ini:

December 8, 2017

5 CARA MEMPERCEPAT AKSES INTERNET, 1 EKSTRIM


Anda pasti merasa mangkel apabila akses ke internet sedang lambat. Anda pasti merasa jengkel apabila sampai tidak bisa mengakses situs favorit. Anda pasti marah apabila kuota yg dibeli dengan penawaran internet super cepat eh, malah lemot.

Bagaimana tidak, kalau misalnya ada pemberitahuan lewat SMS bahwa ada email masuk ke akun yg berisikan tentang jadwal suatu interview perekrutan karyawan tetapi situs atau aplikasi penyedia emailnya tidak bisa diakses karena masalah koneksi internet, sedangkan email itu memang sudah lama ditunggu-tunggu. Maka kejadian seperti ini pasti membuat kita tidak nyaman, mangkel, jengkel bahkan marah.

Nah! kalau Anda pernah atau malahan sering mengalaminya dan ingin mengatasinya maka Anda bisa menerapkan salah satu atau semua dari 5 cara mempercepat akses internet yg dikemas dalam sebuah tutorial dengan harapan betul-betul bisa menerap di perangkat dan di daerah Anda.

Ya, perangkat yg Anda gunakan mengakses internet, entah itu HP butut, android, telepon pintar, laptop, komputer atau PC pastinya bisa menjadi faktor penyebab cepat dan lambatnya mengakses internet. Selain dari itu, daerah yg fasilitas tower BTS nya kurang memadai juga bisa mempengaruhi cepat dan lambatnya mengakses internet.

Terus gimana agar kita tetap bisa akses internet seoptimal mungkin? Anda gak perlu khawatir. Karna cara-cara di bawah ini sudah terbukti bisa membantu mempercepat akses internet walaupun jaringan merem-melek. Artinya, sebentar "E" sebentar "3G" dan sebentar "H".

Baiklah kalau begitu, yuk kita sama-sama atasi akses internet lemot ini dengan berupaya menerapkan tutorial cara percepat akses internet sebagaimana di bawah ini:

1. Pilihlah browser kapasitas ringan.

Browser ada banyak macam dan versinya. Mengenai macam-macamnya, penulis pernah menyinggungnya dalam tulisan sebelumnya yaitu: Perbandingan Incognito window 5 browser ternama. Mengenai versinya sebaiknya Anda pilih yang paling sesuai dengan perangkat yg Anda gunakan.

Browser yg pengaplikasiannya ringan akan serta merta mempercepat akses internet karna kapasitasnya sesuai dengan perangkat yg digunakan.

Oleh karna itu kalau Anda mengakses internet melalui  handphone pilihlah jenis dan versi aplikasi browser paling ringan dijalankan di handphone dan kalau Anda mengakses internet melalui  laptop/pc pilihlah jenis dan versi software browser paling ringan dijalankan di laptop/pc.

2. Hapuslah cache dan history

Cache dan history adalah file sementara yg ditimbulkan dari setiap bowsing di internet dan akan tersimpan sebagai data di memori.
Cache dan history di browser tidak seharusnya dibiarkan menumpuk. Karna keduanya hanya akan memperbanyak pemakaian memori RAM.

Apabila memori sudah banyak terpakai untuk menampung cache dan history maka dengan serta merta akan sulit memasukkan data baru yg mau diakses dari internet karena memorinya sulit dibaca. Kalau begitu adanya maka akses ke internet akan lambat karna browsernya juga lambat membaca memori.

3. Pakailah sistim On-Off

Mempercepat akses internet bisa diupayakan melalui sistem On-Off Mobile data apabila Anda mengakses internet lewat handphone atau smartphone, atau merubah pengaturan jaringan dari otomatis ke manual atau sebaliknya, dan melalui sistem Buka-Tutup aplikasi modem apabila Anda mengakses internet lewat laptop atau komputer.

Cara ini terbukti efektif mempercepat akses internet sewaktu loadingnya alot. Cara ini ditengarai bisa memancing koneksi jaringan internet yg timbul-tenggelam atau sempat terputus karna berbagai kemungkinan seperti jauhnya BTS atau faktor cuaca atau faktor lainnya.

4. Restart perangkat

Merestart perangkat HP atau komputer adalah sebagai cara berikutnya dalam upaya mempercepat akses internet. Cara mematikan dan menyalakan perangkat ini tergolong lebih ekstrim dari cara ke-3 di atas.

Kendati begitu, ada kalanya cara ekstrim ini memang harus ditempuh apabila cara yg lemah lembut tidak ngefek, dalam kurung tidak memberikan hasil maksimal. Sekali lagi, ini dalam upaya mempercepat akses internet, bukan lainnya.

5. Call operator

Cara yg kelima dari upaya mempercepat koneksi internet adalah menelpon operator seluler. Meskipun upaya ini memerlukan biaya nelpon, akan tetapi bisa membantu menyelesaikan masalah Anda yg sedang kesulitan mengakses internet.

Biasanya setelah operator menanyakan identitas Anda, mereka akan menanyakan posisi Anda, perangkat yg digunakan Anda, pengaturan data di perangkat Anda, kualitas sinyal di tempat Anda, penunjuk sinyal data di perangkat Anda, dsb.

Setelah operator menerima informasi Anda, mereka akan memberikan saran-saran sesuai dng inti permasalahan Anda, berdasarkan kapabilitas operator yg sedang Anda hubungi. Oleh karena itu keakuratan informasi dari Anda sangat mempengaruhi jawaban operator karna masing-masing dari mereka mempunyai kapabilitas yg berbeda-beda.

Rupanya ini saja tulisan ini. Mudah-mudahan singkat ini ada guna & manfaatnya dlm rangka menemukan cara mempercepat akses internet. Sekian dan terima kasih.


Kirim Ini:

November 27, 2017

CARA MENONAKTIFKAN AUTO CORRRECT DI MS. WORD



Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Microsoft Office Word atau disingkat MS. Word adalah software ternama dan terkemuka di era digital ini. Salah satu penyebabnya yaitu karena software ini memiliki banyak fitur berkenaan dengan pengetikan. Dan diantara fiturnya yang menonjol yaitu auto correct ( koreksi otomatis ) pada kata yg sedang kita ketik.

Fitur auto correct ini sangat berguna bagi kita terutama bagi yang terbiasa mengetik. Satu contoh yg ingin penulis contohkan yaitu apabila Anda terbiasa mengetik dalam bahasa Inggris dan mengaktifkan fitur ini maka ketikan Anda akan dikoreksi secara otomatis oleh sistem. Misalnya Anda mengetikkan kata "sayang" akan otomatis berubah menjadi kata "saying".

Akan tetapi sebaliknya, apabila Anda terbiasa mengetik dalam bahasa Indonesia dan Anda mengaktifkan fitur ini maka Anda harus mengganti kata "dating" di saat Anda mengetikkan kata "datang" yg terkoreksi secara otomatis oleh sistem fitur ini. Maka dalam hal ini sebaiknya Auto Correct dinonaktifkan saja.

Oleh karena fitur auto correct atau koreksi otomatis di Ms. Word ini terkadang diperlukan tapi terkadang tidak, maka di sini penulis akan mengulas tutorial bagaimana menonaktifkan auto correct di Ms. Word. Dengan ini Anda akan mengetahui juga bagaimana kalau ingin mengaktifkannya lagi di kesempatan yg lain, karena caranya adalah sama.

Baiklah kita langsubg aja ke tutorial Cara Menonaktifkan Auto Correct Di Ms. Word ini:

1. Buka Ms. Word
Anda boleh membuka sebuah dokumen baru atau dokumen lama yang tersimpan di PC atau laptop Anda.

2. Klik “Office Button”
“Office Button” posisinya ada di pojok kiri atas pada tampilan Ms. Word 2007. Penampilannya sebagaimana bisa Anda lihat di dalam gambar berikut ini:


3. Klik “Word Option”
Tombol “Word Option” akan tampil setelah Anda klik “Office Button”. Posisi tombol “Word Option berada di pojok kanan bawah jendela “Office Button” sebagaimana gambar di atas.

4. Klik “Proofing”
Fitur “Proofing” akan tampil setelah Anda mengeklik “Word Option” tepatnya pada jendela yang tampil menyusulnya. Gambarnya seperti terlihat di bawah ini:


5. Klik “Auto Correct Option”
Fitur ini masih di dalam jendela “Proofing”. Posisinya ada di bagian kanan, sebagaimana terlihat di dalam gambar di atas. Setelah fitur ini diklik maka akan tampil menu selanjutnya.

6. Hilangkan tanda centang
Pada pengaturan awalnya, tanda centang menjadi pilihan dalam “Auto Correct Option” tepatnya pada fitur “Replace text as you type”. Fitur “Replace text as you type” inilah yang akan mengotomatiskan koreksi pada kata-kata yang diduga salah ketik sebagaimana yang dianalogikan di atas. Menghilangkan tanda centang berarti menonaktifkan fitur koreksi otomatis ini. Gambarnya seperti ini:


7. Klik “OK”
Apabila Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, baik yg sesuai judul ini atau sesuai pilihan-pilihan di sekitar Auto Correct maka selanjutnya klik “OK”.

8. Selesai
Sekarang auto correct sudah tidak aktif lagi ditandai oleh hilangnya tanda centang pada "Replace text as you type". Selanjutnya, kalau Anda sudah selesai membaca tutorial ini tinggal melanjutkan ke nomor 9

9. Selamat Mencoba
Cobalah dan rasakanlah perbedaan pengalaman mengetik Anda antara menonaktifkan dan mengaktifkan fitur auto correct ini sekarang juga.

Kiranya ini saja tutorial Cara Menonaktifkan Auto Corret Di Ms. Word, khususnya Ms. 2007. Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa dikembangkan lagi baik oleh penulis maupun pembaca setia Tutorial Xtra sehingga kita menjadi semakin mudah mengaplikaskan Ms. Word di dalam aktifitas kita. Amin YRA.

Kirim Ini:

October 16, 2017

CARA BACK UP DATA DI GOOGLE DRIVE


Pada tulisan kali ini penulis akan mengulas tentang cara memback up data di Google Drive. Tulisan ini sengaja diangkat sebagai sebuah tutorial mengingat betapa pentingnya data, entah itu berupa file dokumen, berkas, foto hingga pun video.

Berawal dari sebuah pengalaman pribadi penulis baru-baru ini, dimana laptop kesayangan yg biasa dipakai sehari-hari tiba-tiba matot atau mati total. Kejadian ini tetjadi begitu saja dan tak ada tanda-tanda bahwa data di laptop bisa diselamatkan. Begitu penutura  si tukang servis, akhirnya penulis juga angkat tangan alias menyerah dan pasrah melepas 'kepergian' laptop tersebut.

Tapi berhubung beberapa hari kemudian ada salah satu file dokumen penting yg sangat dibutuhkan dan tersimpan di laptop itu, maka penulis mencoba membawa hardisknya ke tukang servis dengan harapan file tersebut bisa terbaca. Tapi hasilnya ternyata nihil. Lalu mencari-cari file dokumen penting itu di flashdisk akan tetapi tetap tidak ketemu juga. Akhirnya penulis mencoba membuka internet, lalu masuk ke akun-akun penulis. Walhasil, Alhamdulillah, file penting yg dicari-cari itu ternyata ada di akun Google Drive. Mungkin dulu penulis pernah memback up nya disana tapi sudah terlupakan.

Dari pengalaman ini penulis menilai betapa pentingnya pemback up atau menyimpan data, baik itu di hardisk eksternal, back up on cloud, hosting, dan sebagainya yang sekarang sudah bertebaran di internet. Dari pengalaman ini juga penulis semakin memperhatikan manfaat pentingnya Google Drive sebagai penyimpanan data atau file-file penting lainnya.

Sekarang, gimana dengan Anda? Nah, kalau Anda belum memanfaatkannya dan ingin mencobanya tapi kebetulan belum tau tutorialnya, so jangan tutup laman ini, karna sebentar lagi penulis akan mengulas caranya satu persatu.


1. Masuk ke: www.drive.google.com

Anda cukup mengetikkan atau mengcopy paste link Google Drive tersebut di bar URL pada browser internet yang Anda pakai.

2. Klik "sign in" atau Masuk

Apabila Anda sudah mempunyai akun email di Gmail maka Anda cukup memasukkan alamat email beserta password Gmail Anda. Tapi bila belum punya maka Anda harus mendaftar dulu dengan cara membuat akun Google Baru di: google.com. Silahkan isi data seakurat mungkin agar pendaftaran berjalan lacar. Sstelah itu Anda masuk lagi ke Google Drive.

3. Klik "Menu" lalu "My Drive" atau “Drive Saya”

Di sinilah Anda bisa memulai membackup data dengan cara meng upload/mengunggah file yg Anda inginkan.

4. Klik "folder" (opsional)

Pilihan ini hanya sebagai opsional kalau Anda ingin membuat sekat penyimpanan guna memisahkan data berdasarkan format dan jenisnya, apakah file Anda berupa file dokumen, excel, foto, video, dsb.

5. Tambah File

Klik + File utk memback up atau menyimpan file anda di Google Drive. Kemudian pilih file yg diinginkan dan tunggu proses upload selesai ditandai tanda centang hijau. Dalam tahapan ini juga, anda bisa membackup satu folder sekaligus.

6. Selesai

Sekarang data-data penting Anda sudah tersimpan di Google Drive. Anda bisa membukanya sewaktu-waktu diperlukan dengan catatan memasukkan alamat email dan password seperti yg didaftarkan. Anda juga bisa mendownloadnya di kemudian hari atau bahkan membagikan linknya kepada orang lain. Semua tergantung keinginan Anda.

Begitulah tutorial cara memback up atau menyimpan data di Google Drive mudah-mudahan mudah dipraktekkan dan membawa manfaat. Share ke medsos juga boleh, tinggal klik icon medsos yg tersedia di bawah.

Kirim Ini: