Tempatnya Tutorial Software, Aplikasi, dan Internet

December 25, 2015

CARA BIKIN AKUN EMAIL DI GMAIL



Email atau surat elektronik adalah sarana berkirim surat melalui internet. Keberadaannya sangat diperlukan karena dapat membantu tercapainya keinginan kita menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan mudah dan cepat. Kita bisa mengirimkan surat berupa teks, lampiran file gambar, foto, audio, maupun video kepada sanak saudara, keluarga, rekan kerja, perusahaan ataupun instansi pemerintah di mana saja berada.

Selain itu, email juga dapat dimanfaatkan untuk persyaratan awal berinteraksi di media sosial online karena pada umumnya media online meminta alamat email terlebih dahulu pada waktu pendaftaran dan sewaktu-waktu sebelum kita masuk ke akun media sosial tersebut. Maka boleh dibilang bahwa keberadaan email itu bukan hanya perlu akan tetapi juga penting.

Akan tetapi fasilitas yang terkesan mudah ini masih perlu ditunjang dengan adanya sarana berupa computer atau laptop atau gadget lainnya. Kemudian ketersediaan jaringan internet di tempat kita begitu juga di tempat tujuan menjadi penunjang untuk dapat tersampaikannya email sesuai keinginan. Penunjang berikutnya yaitu, adanya akun dari si pengirim dan si penerima, paling tidak akun pinjaman, karena email hanya akan disampaikan oleh server apabila ada alamat penerima.

Dari pada meminjam, dan kita sudah siap dengan sarana penunjang di atas maka alangkah lebih baiknya kalau kita punya akun sendiri. Terus bagaimana cara punya akun? Nah, apabila Anda ingin membuat akun email di Gmail, silahkan simak caranya sebagaimana tutorial di bawah ini:

1. Buka alamat situs gmail di: http://mail.google.com

2. Pilih tab “ Create an Account “ ( Buat Akun )

3. Isi Formulir Pendaftaran dengan data akurat, meliputi:

- Nama depan dan nama belakang

- Alamat email yang Anda inginkan (akan ada laporan ketersedian sekaligus anjuran otomatis dari Gmail, karena tidak boleh ada alamat email sama)

- Password atau kata sandi yang Anda inginkan (minimal terdiri dari 8 karakter huruf atau angka atau perpaduan keduanya. Kemudian ulang (ketikkan lagi) pada kotak konfirmasi password di bawahnya)

- Tahun, bulan, juga tanggal lahir

- Jenis Kelamin

- Nomor Hand Phone aktif (untuk menerima kode verifikasi akun, juga untuk pengamanan akun nantinya)

- Alamat email alternatif (jika ada). Jika tidak ada, biarkan kosong

- Kode kata Chapta (untuk membuktikan bahwa kita bukan robot/mesin otomatis)

- Lokasi Negara

- Beri tanda centang atau klik Persetujuan pada Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi Google.

4. Pilih Next / Langkah berikutnya

5. Verifikasi akun email (jika diminta)

6. Ketikkan kode verifikasi (jika diminta, kode ini akan dikirim melalui SMS ke nomor HP tadi)

7. Edit Profil Akun (jika ingin menambahkan foto dll. Jika tidak, maka langsung klik Next / Langkah berikutnya)

8. Akan ada penyambutan Selamat Datang / Welcome. 

9. Klik Link Tombol “Lanjutkan ke Gmail”

10. Pilih “Lanjutkan ke Gmail” ( untuk masuk ke akun email baru )

11. Selesai

Selanjutnya, Anda dapat masuk ataupun mengontrol akun email baru Anda di alamat: http://mail.google.com dengan syarat memasukkan alamat email serta password Anda tadi. Sedangkan untuk masuk akun Gmail pada kali kedua dan seterusnya, Anda tidak diminta lagi memasukkan alamat email dan password kecuali Anda keluar atau Logout dari akun, bukan dari browser Anda saja.

Kiranya ini aja tutorial cara bikin akun email di Gmail dari Tutorial Xtra. Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa dipahami juga mudah dipraktekkan terutama oleh para pemula. Sebagai referensi lanjutan, Anda bisa melihat video tutorial dengan cara klik pada tautan judul
Video Tutorial: Cara Bikin Akun Email di Gmail.

Anda juga bisa membaca tutorial ini secara offline dengan cara meng klik tautan download pada judul : Cara Bikin Akun Email Di Gmail.
Kirim Ini:

0 komentar: